Jumat, 25 Agustus 2023

Ibadah Terkontaminasi dengan Riya

Hukum Ibadah Yang Terkontaminasi Riya'

Dalam Kitab Majma'ul Ahbab Wa Attadzkiroh Ulil Albab Karangan Syarif Muhammad bin Hasan Bin Abdullah Alhusaini Alwaasithy  dijelaskan :

Jika seseorang beramal dan tidak ikhlas, maka para ulama radhiyallahu 'anhu berbeda pendapat mengenai hal itu, apakah benar atau tidak? benar ,
dan sebagian daripada mereka bertanya.. apakah dapat pahala, atau tidak dapat pahala tidak pula hukuman, atau dapat hukuman saja?

Permasalahan yang kita bahas sekali lagi adalah Amal atau perbuatan yang terkontaminasi oleh Riya' ,

Dan Ulama yang benar benar berpegang pada Perintah Allah Yang Maha Esa mengatakan perbuatan tersebut TIDAK SAH,

Adapun Beberapa imam dari sahabat Imam Syafi'i, semoga Tuhan mengasihaninya, meriwayatkan darinya. dijelaskan, dan Allah SWT akan menghakiminya, namun pendapat yang paling benar menurut mayoritas adalah benar. Karena mereka melihat tidak ada hubungan antara haram dan kesehatan, dan pendapat saya mengenai masalah ini sudah memuaskan. di postingan sebelumnya

Rangkuman dari apa yang saya kemukakan di sini adalah hendaknya dikatakan: Apakah suatu perbuatan yang tercemar kemunafikan memerlukan pahala atau tidak? Ketahuilah, hal itu telah dibuktikan atas kewibawaan Nabi Muhammad SAW, dalam hadits tiga orang yang pertama kali diadili oleh Tuhan Yang Maha Esa di hari kiamat, bahwa Tuhan Yang Maha Esa bersabda. masing-masing dari mereka: (Engkau berdusta, padahal aku ingin dikatakan: Si Anu adalah si anu, dan dikatakan, bawalah dia ke dalam api ((1). Dan itu telah dibuktikan dalam Kitab dan Sunnah: bahwa setiap perbuatan dapat diniatkan karena Allah Yang Maha Esa, jika tidak dilakukan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada-Nya, maha suci-Nya, dan mencari keridhaan-Nya.. tidaklah pantas pahala. Kemudian ada rincian di dalamnya, yaitu: Jika wajib. Dan pelakunya menginginkan pemaksaan, maka dia melakukannya dengan niat memaksakan.

Sehingga ada yang mengatakan: Dia melakukan hal tersebut bukan untuk mencari keridhaan Allah dan untuk menghindari murka-Nya
Dia akan mendapat siksa di akhirat seperti orang yang meninggalkannya, namun dia tidak memerlukan pahala, melainkan pahalanya adalah puji-pujian orang-orang kepadanya di akhirat.

dunia apa yang dia lakukan

Dan jika itu sukarela, dan dia melakukannya demi manusia, bukan demi Tuhan, maka Maha Suci Allah saja.

Salah satunya: Meskipun dia tidak akan diberi pahala kepada orang-orang; Karena dia ibarat penjual pahala Allah dengan cara memujinya, sehingga tidak terbatas pada dosa-dosa tertentu saja yang memerlukan hukuman.

Kedua, ia tidak akan disiksa dan diberi pahala. Berdasarkan hal tersebut, makna hadits tersebut adalah bahwa perbuatan yang dilakukannya dalam menghadapi kemunafikan tidak akan memberikan manfaat baginya, dan tidak akan membebani keseimbangannya. ); Yaitu: dengan dosa-dosanya, bukan dihukum karena pamer dengan api, tetapi hukuman karena pamer hanya menggagalkan pekerjaannya; Karena orang munafik ingin dengan karyanya memuji orang, maka jika dia dirujuk kepada mereka.. maka dia dibalas dengan amalnya. Sebab segala sesuatu yang keluar dari dirinya adalah sama, perbuatannya, yang tidak meninggalkan sifat ibadahnya kepada Tuhan – jika dengan itu dia bermaksud untuk menyembah selain Tuhan. . Sebab menghujat dan niatnya memuji manusia, bukan untuk memberi pahala kepada Allah, dan yang pertama tidak berdosa, dan yang kedua tidak akan diberi pahala, dan pahalanya adalah memuji manusia, dan ini kemungkinan yang lemah.

Jika dikatakan: Seandainya manusia tidak bekerja bersamanya dan tidak memujinya, padahal mereka tidak mengetahui bahwa ia berbuat baik atau buruk... maka jawabannya adalah: Dia tidak akan diberi pahala apa pun, baik cepat maupun lambat, namun justru inilah manusia yang kehilangan dunia dan akhirat. ,

- Dan nampaknya siksa akhirat itu semakin jauh; Karena ketika Allah SWT mengalihkan kekhawatiran manusia darinya hingga dia tidak mendapatkan apa yang diinginkannya dari mereka, maka dia termasuk siksa, jika pujian mereka – jika mereka memujinya – itulah pahalanya. . Ada kemungkinan bahwa melewatkan pujian mereka untuknya adalah seluruh hukumannya. Apa yang kami sebutkan tentang pahala dan hukuman termasuk dalam ucapannya, semoga doa dan damai Allah besertanya: (Tetapi dan semua

Tindakan dengan niat » Dan Tuhan tahu yang terbaik.

Adapun Imam Hujjat al-Islam Abu Hamid al-Ghazali – semoga Allah menyucikan jiwanya – beliau bersabda: Makna semu dari risalah tersebut menunjukkan bahwa tidak ada pahala di dalamnya, dan risalah tersebut bukannya tanpa pertentangan di dalamnya. yang mana kita dikritik.
Dan ilmu di sisi Allah adalah kita melihat kekuatan motifnya: jika motif agama sama dengan motif psikis.Untuk hukumannya ya hukuman yang lebih ringan dari hukuman kerja yang hanya sekedar pamer.

Dan bila niat mendekatkan paling banyak di samping motif lainnya.. maka ada pahalanya sesuai dengan kuatnya motif agama tersebut. . Jumlah yang setara dengannya dihapuskan olehnya dan peningkatan tetap ada, bahkan jika dia dikalahkan.. sebagian dari hukuman niat jahat dihapuskan karena dia, dan penutup untuk ini terungkap bahwa perbuatan mempengaruhi hati dengan membenarkan sifat-sifatnya, maka penyeru kemunafikan termasuk ke dalam hal-hal yang merusak, dan penyeru kepada kebaikan termasuk ke dalam hal-hal yang menyelamatkan, namun kelebihannya adalah dengan bekerja sesuai dengannya, sehingga kedua sifat tersebut bertemu dalam hati. . Mereka bertolak belakang.

Jika dia bertindak sesuai dengan persyaratan kemunafikan.. dia telah memperkuat sifat itu. Dan jika dia bekerja sesuai dengan pendekatan [yang diperlukan]… dia juga telah memperkuat kualitas itu, sehingga yang satu bersifat destruktif dan yang lainnya aman, jika penguatannya sama dengan penguatan yang lain. Mereka melawan dan terjatuh

Meski seringkali salah satunya. . Mayoritas tidak meninggalkan bekas, sebagaimana seberat atom makanan dan minuman tidak hilang di dalam tubuh dan tidak luput dari bekas berdasarkan Sunnah Tuhan Yang Maha Esa, demikian pula tidak. Ia menyia-nyiakan setitik atom kebaikan dan keburukan, dan tidak henti-hentinya memberikan pengaruh dalam menerangi hati, menggelapkannya, mendekatkannya kepada Tuhan dan menjauhkannya. . Dia kembali kepada dirinya yang semula, dan hal itu tidak memihaknya atau menentangnya, dan jika dia melakukan sesuatu yang mendekatkannya kepadanya sejauh dua rentang, dan yang lain menjauhkannya satu rentang. Jika mereka semua berkumpul.. maka mereka Harus bersatu, dan konsensus bangsa membuktikan hal ini bahwa siapa pun yang berangkat haji dengan berdagang, maka hajinya sah dan pahala baginya, dan dia telah bercampur dengan hajinya?.
Ya ; Dapat dikatakan: Dia hanya diberi pahala atas amalan haji ketika dia sampai di Makkah, dan perdagangannya tidak bergantung padanya, maka dia suci, tetapi yang berlangganan adalah panjang jaraknya, dan tidak ada pahalanya tidak peduli apa tujuan perdagangannya. Perjalanan yang sama tidak mengurangi pahala. Adapun bagi para penjajah: jika motif awal dan kuatnya gangguan tersebut adalah untuk meninggikan firman Tuhan Yang Maha Esa dan keinginan untuk mendapatkan harta rampasan sebagai cara subordinasi. Perhatian mau tidak mau akan berkurang, dan Tuhan Yang Maha Esa Maha Mengetahui. Akhir (Al-Ihya' 2 4/ 384-385)

Dan sabdanya: (Aku mengerjakan perkara (1)) yaitu: Aku berpaling kepadanya dengan ikhlas, dan sabdanya: Dengan perkara: Seolah-olah dia menghendaki – dan Allah Maha Mengetahui – apa yang termasuk dalam firman-Nya, Yang Maha Tinggi: (Dan mereka hanya condong kepada Allah, ikhlas kepada-Nya dalam agama, dan di dalamnya merupakan petunjuk bahwa hendaknya seorang hamba mengetahui bahwa hanya Dialah Tuhan Yang Maha Esa yang telah bangkit, maka dia tidak memandang pekerjaannya, melainkan dia memandang pada Dia yang meneguhkannya di dalamnya, dan Dialah Tuhan, Penguasa alam semesta, maka tidak ada keheranan dan kesombongan di sini, dan dia masuk ke dalam firman-Nya: Aku mengerjakan seluruh hal yang datang secara rinci, dan Tuhan tahu yang terbaik.

Pepatahnya: (Dan aku berjalan di dalam sel (7)) mengandung kehalusan:

Termasuk: Dia mengubah pepatahnya: masuklah ke dalamnya dengan rasa takut menjadi pepatahnya: dan berjalanlah dengan rasa takut, suatu tanda darinya

Sehingga rasa takut kepada Allah SWT harus dikenakan dalam segala keadaan, dan tidak terbatas pada keadaan shalat saja.Tidak ada keraguan bahwa rasa takut adalah akar dari segala hikmah dan kebaikan. Sebab hal itu menghasilkan perkara-perkara besar dan derajat tinggi yang nyaris tiada batasnya, di antaranya: pengawasan, di antaranya: pertanggungjawaban, di antaranya: kesabaran, di antaranya: rasa ridha, dan di antaranya: merenungkan karunia dan rahmat-Nya, dan membenamkan diri dalam apa yang ada. diperlukan keagungan dan kebanggaan, terhadap apa yang tak ada habisnya. Termasuk: bahwa semakin bertambah rasa takutnya kepada Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Agung, maka ia semakin sadar akan harga dirinya, kehinaannya, dan kehinaannya, hingga

Dia menjatuhkannya ke tingkat penghinaan dan kemiskinan, jadi dia tidak pernah mengangkat kepalanya, malah dia masih seperti budak yang melarikan diri di hadapanku.
tuannya, apalagi jika ia melakukan ibadah, seperti shalat misalnya; Dia memasukinya dengan kehinaan dan kehancuran dengan rasa takut yang terus-menerus, dan semakin besar ketakutannya. . Penghinaannya lebih dari itu.

Sekelompok pendahulu, radhiyallahu 'anhu, ketika mereka muncul untuk berdoa, berubah warna.

Dan itu hanya untuk merebut wibawa gengsi dan keagungan dalam hati mereka, serta kehebatan rasa takut.Allah SWT berfirman: Orang-orang mukmin hanyalah orang-orang yang hatinya ketika disebut Tuhan merasa takut. Sungguh mengherankan seseorang yang mengingat Tuhan Yang Maha Esa dalam batas kehadiran dan hormatnya, bagaimana mungkin hatinya tidak terkoyak? Mereka didukung oleh kekuatan kenabian, dan para wali didukung oleh kekuatan perwalian. Dan di antara mereka – dan hal yang paling besar yang menghasilkan buah dari rasa takut – adalah keridhaan Tuhan Yang Maha Esa terhadap mereka, dan itu adalah yang terbesar dari segala sesuatu, dan tidak ada yang lebih besar dari itu. Yang Maha Kuasa bersabda: Semoga Tuhan meridhoi mereka dan mereka ridha terhadapnya.untuk mempelajari niat; Agar ia mempunyai ilmu, maka ia mengoreksinya dengan perbuatan setelah memahami kejujuran dan keikhlasan, yang merupakan sarana hamba menuju keselamatan dan keselamatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar