Senin, 05 Juni 2023

8 Keistimewaan Rasul Muslim wajib tau

KEUTAMAAN PERILAKU NABI MUHAMMAD SAW

Sahabat Gudang Da'i Rahimakumullah, setidaknya ada 8 Delapan keistimewaan perilaku Nabi Muhammad SAW, yaitu:

1. Tingkah lakunya yang baik dan kebenaran kebijakannya dalam hal agama yang mengalihkan bangsa lain dari yang tidak akrab menjadi akrab sehingga mereka menjadi sukarela tunduk kepada beliau, beliau juga berinteraksi mentransformasi perubahan sosial, baik politik sosial dan syariat agama.

2. Dalam dakwahnya Nabi Muhammad menggabungkan keinginan orang yang tidak mau mengalah dan kekaguman orang-orang yang biasanya percaya terhadap orang yang sakti seperti tukang sihir, beliau menggunakan metode yang memikat dan berwibawa sehingga mereka simpati beragama dengan ikhlas.

3. Nabi Muhammad sudah menetapkan undang-undang agama, beliau telah menghalalkan apa yang telah ditetapkan yang pada saat itu zaman jahiliah agamanya masih tidak beraturan menjadi lebih beraturan. Nabi Muhammad termasuk orang yang adil dalam bersyariat agama dan selalu tawassuth.  خير الأمور اوسطها

4. Nabi tidak memperlihatkan kepada para sahabatnya tentang mencintai dunia yang berlebihan tetapi juga tidak boleh meninggalkan kehidupan duniawi, beliau memerintah kepada sahabatnya untuk bersikap moderat/bisa menghargai pendapat orang lain.

 خيركم من لم يترك الدنيا

5. Tanggapan Nabi terhadap perbuatan yang mencakup tonggak-tonggak agama dan masalah-masalah hukum sehingga beliau menjelaskan kepada umatnya  apa yang dipercayakan kepada mereka untuk ibadah dan menjelaskan kepada mereka apa yang diperbolehkan dan dilarang. 

6. Tegaknya iman serta gigih dalam berjuang sampai berujung dengan kemenangan.

7. Keberanian dalam berperang dan mengirimkan bantuan untuk melawan musuhnya karena beliau tidak mau ada ketakutan dalam peperangan tersebut, kecuali beliau bersabar hingga sampai pada kemenangannya ataupun kekalahannya yang sudah menjadi kuasa Allah Swt, tetapi pada saat itu Nabi Muhammad tetap melaksanakan peperangan dan tidak pernah meninggalkannya.

8. Nabi Muhammad SAW mempunyai sifat yang dermawan sehingga tidak segan-segan memberikan apa yang beliau miliki, terbukti kedermawanan beliau tidak memiliki harta apapun, sampai sebelum meninggal beliau menggadaikan jas perangnya kepada orang Yahudi

Semoga Bermanfaat

Disarikan dari kitab.

الرسول المعلم صلى الله عليه وسلم

Karangan Syeikh Abu Ghodah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar