Minggu, 23 April 2023

Pahala puasa setahun

Logika Pahala Puasa setahun bulan syawwal

Sahabat Gudang Da'i, Alangkah Beratnya Puasa setahun penuh bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan puasa, kadang puasa yang wajib dibulan ramadhan saja mereka sudah merasa gerah capek dan banyak alasan sehingga puasa yang hanya satu bulan itu bolong bolong. ini malah puasa satu tahun penuh, pasti bukan main susahnya, namun demikian Syariat islam memberikan kemudahan dan kerahmatan bagi Ummatnya siapa saja bisa mendapatkan pahala puasa setahun penuh, walaupun tidak melakukanya setahun dengan cara apa,? berikut hadits yang dijanjikan Rasulullah kepada Ummatnya:


Berdasarkan Hadits Riwayat Imam Muslim dari Abu Ayyub. siapapun yang melakukan puasa ramadhan ditambah 6 hari buln syawwal maka ia layaknya orang yang puasa setahun penuh.


حديث أبي أيوب: قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم -: "من صام رمضان ثم أتبعه ستًّا من شوال كان كصيام الدهر" . رواه مسلم في صحيحه، والترمذي، وقال: حسن، وأبو داود، وابن ماجه

Barang siapa telah melaksanakan Puasa Ramadhan kemudian mengikutinya dengan Puasa 6 hari dibulan Syawwal maka ia sama dengan puasa setahun Penuh.


Sudah Tahu haditsnya, namun terkadang kita masih ingin tahu alasanya. 

Tidak sedikit dari kita yang bertanya tanya bagaimana logikanya puasa hanya 36 hari 30 bulan Ramadhan dan 6 hari bulan syawwal bisa dianggap puasa setahun penuh.


Ternyata jawabanya adalah, setiap kebaikan itu diberi pahala 10 kali lipat jika sebagaimana firman Allah :

 مَن جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَن جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Artinya Barang siapa melakukan kebaikan maka akan balas dengan pahala 10 kali lipat dan barang siapa melakukan keburukan maka dibalas sesuai dengan apa yang ia lakukan dan mereka tidak terdholimi,


Berdasarkan Ayat diatas Maka jelaslah. bahwa 30 hari dalam sebulan dan 6 hari dibulan syawwal jika dikalikan 10 maka totalnya adalah 360 hari dan itu sesuai dengan jumlah hari dalam setahun.


semoga kita termasuk ummat muslim yang mampu melaksanakan semua perintah dan meninggalkan semua larangan Allah SWT. Amin yaa mujiibassailin.


Gresik, April 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar