Senin, 14 Januari 2019

Hukum Taat kepada Pemimpin

ANJURAN UNTUK MELAKSANAKAN KESAKSIAN,MENTAATI PEMIMPIN DALAM HAL SELAIN MAKSIAT.DAN LARANGAN UNTUK MENYIMPAN KESAKSIAN,DAN KESAKSIAN PALSU DAN MENENTANG PEMIMPIN.
Allah berfirman dalam penggalan surat al-baqoroh ayat 283 yang artinya :dan jangan lah kalian sembunyikan persaksian (jika kalian di minta jadi saksi .) dan barang siapa yang menyembunyikan ,maka sungguh dia berdosa hatinya.
Allah swt juga berfirman dalam qs an nisa ayat 59 yang artinya :wahai orang-orang yang beriman  taatlah kalian pada allah dan taatlah pada rosul (Muhammad ),dan pemegang kekuasaan.( pemimpin) di antara kalian.
Allah swt berfirman juga dalam surat al-hajj ayat 30 yang artinya :dan jauhilah perkataan dusta atau syirik.
Dari ibnu umar ra: sesumgguhnya rosulullah saw bersabda :hendaknya seorang muslim itu mendengar dan mentaati seorang pemimpin.maka tidaklah ia menyukai atau membenci kecuali diperintah  atasnya untuk melakukan maksiat. apabila ia di perintah melakukan maksiat maka janganlah mendengar dan mentaatinya.
Dan riwayat dari abi bakroh nafi bin harist ra berkata: rasulullah saw bersabda : tidakkah aku mengabarimu tentang dahsatnya dosa-dosa besar. (mengucap sebanyak 3 kali ) Kita (sahabat) berkata: ya wahai rasulullah beliau (rasulullah ) bersabda: syirik pada allah atau menyekutukan allah dan durhaka kepada kedua orang tua. Maka rasulullah bersabda: janganlah kamu berucap dusta dan bersaksi dengan kesaksian paksu maka beliau tetap mengulangi ucapanya sampai kita berkata: seandainya beliau diam. diriwayatkan imam ahmad dan imam tirmidzi.
Dari abu hurairah ra berkata: rasulullah saw bersabda : barang siapa yang mentaati ku maka sama halnya dia mentaati Allah. dan siapa yang bermaksiat kepadaku maka dia telah bermaksiat juga kepada Allah. dan barang siapa yang mentaati para pemimpin maka dia telah mentaatiku. dan barang siapa juga bermaksiat kepada para pemimpin maka dia telah bermaksiat juga kepadaku. Di riwayatkan oleh imam ahmad, imam nasai dan ibnu majah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar