Senin, 24 Desember 2018

Puasa Sunnah Ragam dan dalilnya

الترغيب في صوم يوم عرفة، وتاسوعاء وعاشوراء، والأثنين  والخميس، و ثلاثة أيام من كل شهر، و في الاعتكاف
Anjuran dalam berpuasa hari Arafah، Asyura، Senin dan Kamis dan 3 hari dari setiap bulan، dan anjuran dalam itikaf
عن أبي قتادة رضي الله عنه قال: سئل رسول الله صلى الله عليه و سلم عن صوم يوم عرفة قال: يكفر السنة الماضية والباقية
رواه مسلم، ورواه الأربعة بمعناه
Dari Abu qotadah radhiallahu Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ditanya i tentang puasa hari Arafah nabi bersabda: hari Arafah dapat melebur dosa 1 tahun yang telah lewat dan yang akan datang
Dosa yang dimaksud di atas ini adalah dosa kecil maupun dosa besar kecuali yang berhubungan dengan sesama makhluk. disunnahkannya puasa ini karena hari Arafah adalah hari dimana dibukanya pintu pintu barokah, diijabah doa-doa dan merupakan hari yang mana Allah memandang hamba-hambanya dengan penuh rahmat.
وعن ابن عباس رضي الله عنهما: أن رسول الله صلى الله عليه و سلم صام يوم عاشوراء، وأمر بصيامه. متفق عليه
Dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma: Bahwasanya Rasulullah SAW berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan kita untuk berpuasa Asyura
Puasa Asyura adalah puasa hari ke 10 pada bulan Muharram puasa ini digunakan karena didalamnya terjadi peristiwa-peristiwa kebaikan seperti contoh Nabi Yunus keluar dari perut ikan Nun. orang-orang kafir pada zaman Jahiliyah juga melakukan puasa ini maka Islam datang untuk mengagungkan hari ini juga orang-orang kuffah menghukumi puasa ini wajib pada awal masa Islam kemudian hukum itu di nasakh. menurut ulama jumhur puasa ini sunnah sejak awal disyariatkannya
 kata(أمر بصيامه) menunjukkan arti perintah Sunnah ada yang mengatakan perintah wajib kemudian di nasakh.
وعن ابن عباس رضي الله عنهما أيضا قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: لئن بقيت إلى قابل، لأصومن التاسعة. رواه: مسلم و ابن ماجه
Dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma berkata: Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: Andai Aku masih hidup maka Sungguh aku akan berpuasa pada tanggal 9 Muharram
Puasa tasu'ah disyariatkan untuk membedakan dari orang Yahudi yang juga berpuasa Asyura, dan hadis ini sampai atau disabdakan nabi pada tahun ke 10 Hijriah kemudian nabi meninggal pada pertengahan ke 10 Hijriah dan belum sempat melakukannya.

ا قالت: كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يتحرى صوم الأثنين و الخميس.رواه الترمذي و قال حسن . والنسائي
Dari dari Aisyah radhiyallahu anha berkata
وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال: أوصاني خليلي صلى الله عليه و سلم بثلاث: صيام ثلاثة أيام من كل شهر، وركعتي الضحى و أن أوتر قبل أن أنام. متفق عليه، ورواه النسائي
Dari Abu Hurairah radhiallahu Anhu berkata: kekasihku Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam berwasiat kepadaku dengan tiga perkara
1. berpuasa 3 hari di setiap bulan
2. melaksanakan dua rakaat shalat dhuha
3. dan supaya saya salat Witir sebelum tidur
Hadits ini merupakan nasehat Nabi SAW pada Abu Hurairah agar supaya beliau Abu Hurairah bersungguh-sungguh dalam menjaga tiga perkara
1. Puasa 3 hari dalam setiap bulannya tanpa dibatasi Pada tanggal berapa pun dan Puasa tiga hari tersebut pahalanya sama seperti puasa 1 bulan Adapun hari yang paling utama untuk puasa ini adalah tanggal 13 14 dan 15
2. melakukan salat duha 2 rokaat karena itu merupakan bentuk syukur atas pemberian Allah berupa kesehatan jasmani pada hari tersebut
3. salat Witir sebelum tidur karena ditakutkan lupa atau tidak terjaga pada hari malam pada akhir malam. Adapun yang bisa bangun akhir malam maka yang digunakan adalah melakukannya pada waktu tersebut.
و عن عائشة رضي الله عنها قالت: إن النبي صلى الله عليه و سلم كان يعتكف العشر الأواخر من رمضان، حتى توافاه الله تعالى ثم اعتكف أزواجه بعده. متفق عليه
Dari Aisyah radhiyallahu anha berkata: Bahwasanya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam ber i'tikaf pada 10 hari akhir bulan Romadhon hingga beliau wafat kemudian istri-istri melanjutkan itikaf setelah wafatnya Nabi
I'tikaf adalah menetap di masjid untuk beribadah di dalamnya yang mana hukum itikaf ini mubbah.Adapun waktu yang afdhol bagi melaksanakannya yaitu di 10 akhir malam bulan Romadhon karena nabi menjaga perkara tersebut.

Dari kitab AL TARGIB wa AL TARHIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar