Selasa, 17 Juli 2018

Do'a Recomended keberangkatan Haji dan Umroh


Labbaik Allahumma Labbaik..

Sebenarnya Banyak sekali doa yang biasa di bacakan oleh kiai ustadz ataupun muballigh dalam rangka pelepasan Jamaah Haji atau Umroh, namun kami sengaja memilih yang recomended sesuai dengan hadits Nabi Saw. Do'anya sebagai berikut:

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

“Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah
sekali lagi saya bilang Recomended sebab do'a ini bersumber dari Hadits Nabi dari cucu sayyidina Umar yaitu Salim Bin Abdullah yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.


عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ أَبِى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ إِذَا أَتَى الرَّجُلَ وَهُوَ يُرِيدُ السَّفَرَ قَالَ لَهُ ادْنُ حَتَّى أُوَدِّعَكَ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُوَدِّعُنَا فَيَقُولُ أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ
Dari Salim bin Abdillah, ia berkata, ketika seseorang yang hendak berangkat safar datang kepada Ayahku (Abdullah bin Umar), ia mengatakan, “mendekatlah padaku, aku akan mendoakanmu sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendoakan kami (yang artinya): Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah” (HR. Ahmad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar