Selasa, 02 Oktober 2018

Imam Nawawi dan Lailatul Qodar

Imam Muhyiddin Abu Zakariya' Yahya al-Nawawi

Imam al-Nawawi lahir di daerah Nawa pada pertengahan bulan Muharram 631 H. dan wafat pada 24 Rajab 676 H.

Tatkala berusia 7 tahun, pada malam 27 Ramadhon beliau tidur disamping ayahnya, lalu di pertengahan malam beliau bangun dan membangunkan ayahnya. Beliau berkata: "Ayah, cahaya apa yang memenuhi rumah ini?" Mendengar suara Imam al-Nawawi ini semua keluarganya terbangun, namun mereka tidak ada yang melihat cahaya itu. Ayah imam Nawawi berkata: "Lalu aku mengetahui bahwa malam itu adalah malam lailatul qodar."

Tatkala berusia 10 tahun, beliau membantu ayahnya berjualan di Toko. Namun kesibukan berjualan ini sama sekali tidak menganggu konsentrasi belajar beliau. Sambil berjualan beliau selalu membaca al Quran. Pernah suatu waktu, beliau dipaksa oleh temannya untuk bermain, namun beliau menolak sambil menangis karena tidak mau menyia-nyiakan waktunya.

Ketika berusia 18 tahun, beliau pergi ke Damasykus. Di kota ini beliau belajar kepada banyak ulama', hingga beliau menguasai berbagai bidang ilmu, terutama ilmu fiqih dan hadis.

Meski telah menjadi ulama' besar, beliau tetap berpenampilan sederhana. Jika seseorang berjumpa beliau, maka dia akan mengira beliau adalah seorang petani dari Nawa yang berkunjung ke kota Damasykus.

Dalam hal makan dan minum, beliau cuma makan satu kali dalam sehari semalam. Itupun sekedar untuk bisa melanjutkan hidup.

Berbeda dengan kebanyakan orang, beliau lebih mengutamakan ilmu daripada nikah. Mungkin beliau tidak ingin konsentrasi ibadah dan belajar-mengajarnya hilang dengan sesuatu yg tidak beliau butuhkan. Cerita lucu masih ada hubungan dengan soal ini disampaikan oleh muridnya, Imam Ibn al-Atthor. Beliau bercerita bahwa pada masa awal-awal belajar, imam al-Nawawi membaca keterangan fuqaha':

أن من موجبات الغسل التقاء الختانين.

Beliau mengira " التقاء الختانين" bermakna suara di dalam perut. Karena itu, setiap perutnya berbunyi, beliau melakukan mandi besar. Sampai-sampai beliau sakit karena terlalu sering mandi.

Terakhir, suatu saat beliau pergi ke Kairo untuk berziarah ke makom imam Syafii ra. Namun tatkala melihat kubah makom itu, beliau berhenti dan tidak melangkah sedikitpun kearah makom itu. Ketika ditanya, beliau menjawab: "jika imam Syafii masih hidup dan aku melihat tenda beliau maka aku harus berhenti dengan hanya melihatnya."

Paling terakhir, karya-karya beliau adalah Syarah Muslim, Raudhoh al-Tholibin, al-Minhaaj, Riyaadus Sholihin Min Kalaami Sayyidil Mursalin, al-Tibyan fi Aadaabi Hamalah al-Quran, al-Tahrir fi Alfaadzi al-Tanbih, al-'Umdah fi Tashhih al- Tanbih, al-Idah fi al-Manasik, al-Irsyaad wa al-Taqrib, al-Arba'in al-Nawawah, Bustan al-'Arifin, Manaaqib al-Syafii, Mukhtashor al-Ghobah, al-Fatawa al-Musammah bi al Masaail al-Mansyurah, Adaab al-Mufti wa al-Mustafti, Masaail Takhmis al-Ghonaim, Mukhtashor al-Tadznib, Daqaaiq al-Raudhoh, Tuhfah Thullab al-Fadhoil, al-Tarkhish fi al-Ikrah wa al-Qiyam, Muktashor Adaab al-Istifta', al-Majmu' Syarh al-Muhazzab, Tahzib al-Asma' wa al-Shifaat, Syarh al-Wasith, Syarh al-Bukhori, Kitab al-Amaali, al-Khulashoh fi Ahadits al-Ahkam, Thobaqat al-Fuqaha', al-Tahqiq, Tuhfah al-Tholib al- Nabih, Muhimmat al-Ahkam, al-Ushul wa al-Dhowabith, al-Isyarat fi Bayani al-Asma' al-Muhimmat fi Mutun al-Asaanid, Tuhfah al-Walid wa Raghbah al-Raaid, Khulashah al-Ahkam fi Muhimmat al-Sunan wa Qawaid al-Islam, Ruh al-Masail fi al-Furu', Uyun al-Masaail al-Muhimmah, Ghoitsu al-Naf'i fi al-Qiraaat al-Sab'i, al-Mubham min Huruf al-Mu'jam, Mir'aat al-Zaaman fi Tarikh al-A'yan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar